Selasa, 24 Januari 2012

Cara Buat Sampul Facebook Keren Dan Unik

Kali ini saya ingin menulis lagi tentang bagaimana cara membuat cover / sampul Facebook yang keren dan Unik. Berhubung sudah banyak teman yang minta tutorialnya, jadi saya buat aja sekarang. Siapa tahu bisa bermanfaat buat anda. :D
Seperti kita ketahui, versi Facebook Timeline yang sekarang ini menggunakan 2 buah gambar untuk di tampilkan di halaman profile kita. Pertama gambar kecil, yang di gunakan untuk sebagai Avatar kita, dan kedua gambar besar untuk di tampilkan sebagai cover / sampul.
***
Sebelum melanjutkan tutorial ini, pastikan anda sudah mengaktifkan tampilan Facebook Timeline / Kronologi ini. Caranya silakan buka link ini Facebook Timeline. Pada bagian bawah ada tombol “Dapatkan Kronologi”. Klik dan seketika facebook anda akan berubah tampilan menjadi Facebook Timeline / Kronologi.

 ***
Sekarang bagaimana membuat cover / sampul yang keren di profile Facebook? Caranya gampang banget! Tapi saya punya 2 cara disini. Silakan pilih cara pertama atau kedua berikut ini.
Cara Pertama :
Di luar sana sudah banyak website yang meyediakan gambar unik untuk di jadikan sampul facebook. Salah satunya, anda bisa mencoba melalui link ini :  MyFBCover.com atau Coverphotoz.com
Jika anda buka, disana sudah tersedia gambar sampul yang keren. Anda tinggal memilih sampul mana saja yang paling anda sukai. Tenang saja, semuanya gratis kok! :)
Cara Kedua :
Nah, kalo cara pertama tadi kita cuma memilih gambar sampul yang sudah ada (instant), cara kedua ini kita akan membuatnya manual dengan Photoshop. Hasilnya tentu saja akan lebih memuaskan, karena benar-benar karya sendiri. Tertarik untuk mencobanya? Minimal anda harus punya sedikit skill menggunakan Photohop ya.
Oke, sekarang download dulu template sampul file PSD disini. Setelah itu buka dengan photoshop. Maka anda akan mendapati sebuah kanvas dengan layer yang sudah di tentukan ukurannya. Yakni 851 x 315 untuk gambar sampul dan 125 x 125 untuk foto avatarnya. Sekarang anda bisa berkreasi menghiasi kanvas tersebut sesuai keinginan anda, bisa dengan foto, teks, atau apa saja. Disana juga suda saya sertakan potongan slice, anda bisa menggunakannya untuk memisahkan potongan sampul dan gambar avatar.


Jika selesai, silakan di save dengan cara Save For Web and Device. Dan kita siap meng-uploadnya.

Cara Mengupload :
Buka halaman profile facebook anda, pada bagian atas tampilannya kurang lebih seperti ini:

Untuk memasang sampul, klik tombol “Tambahkan Sampul”, atau jika ingin mengganti foto avatar, anda bisa hover mouse anda ke foto avatar dan akan muncul tombol “Sunting Gambar Profile”. Silakan upload gambar yang sudah anda buat tadi di photoshop. Tunggu beberapa detik dan selesai… Mudah bukan??
Ohya, gambar profile avatar yang kita buat di photoshop tadi ukurannya 125 x 125 kan? Sementara facebook tidak mengijinkan kita mengupload foto dengan ukuran kurang dari 180 x 180. Solusinya, kita bisa resize foto profile yang 125 x 125 itu ke ukuran 180 x 180 dengan Photoshop. Dengan demikian kita bisa menguploadnya ke Facebook. Beres dah…

Semoga tutorial ini bermanfaat..^__^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers